Cara Membuat Lampu Tidur Karakter

Marsupilamii

Marsupilamii

Seiring dengan meningkatnya kreativitas masyarakat yang semakin hari kian berkembang pesat, siapa sangka bila benang jahit yang awalnya hanya dimanfaatkan para penjahit untuk memenuhi kebutuhan industri konveksi, kini bisa disulap menjadi sebuah kerajinan lampu tidur yang unik dan berdaya jual cukup tinggi di pasaran.

Meskipun sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi dengan kerajinan lampu tidur benang tersebut. Namun, pastinya belum banyak yang mengetahui bahwa ada banyak orang yang telah berhasil mendatangkan untung besar setiap bulan dengan berjualan lampu tidur benang dengan karakter yang unik dan menarik.
keroppi

keroppi

Keunikan dan kelucuan lampu tidur benang yang dibentuk dalam berbagai karakter, ternyata tak hanya mampu menarik minat calon konsumen di berbagai daerah tetapi juga bisa menghasilkan kucuran laba yang tak sedikit bagi para pelakunya.

Nah, agar Anda tak hanya duduk sebagai penonton bagi kesuksesan para produsen maupun reseller produk lampu tidur benang berkarakter. Berikut ini kami bagikan tips mudah cara membuat lampu tidur karakter berbahan dasar benang yang bisa Anda coba dengan langkah yang cukup sederhana. Chek it out!!! 
Cara Membuat Lampu Tidur Karakter :
  • Pertama-tama siapkan benang jahit berwarna, lem kayu ( lem putih/ yang dibungkus plastik biasanya digunakan untuk plamur/ merek rajawali ), balon anak-anak yang bisa ditiup dan dikempeskan.
  • Setelah peralatan dan bahan siap, langkah kedua tiup balon sesuai ukuran yang anda inginkan.
  • Lalu mulai lilitkan benang tersebut ke balon anak yang telah Anda tiup. Tambahkan lem kayu hingga semua benang yang dililit ke balon tertutup semua permukaanya (lakukan berulang-ulang/ lapisi lagi dengan lem lalu lilit lagi).
  • Setelah semua bagian tertutupi, kemudian keringkan balon yang terlilit benang hingga lapisan benang dan lem mengeras. Biasanya butuh waktu yang cukup lama untuk menunggu lem dan benang kering jika balon berukuran terbilang besar.
  • Jika lampion benang sudah mengering, sobek bagian bawah lampion dan kempeskan bola di dalamnya.
  • Sediakan kain flanel aneka warna untuk menghias lampion benang, sesuai dengan karakter yang diinginkan konsumen. Kain flanel digunkan untuk membentuk mata, memberikan gaya, kuping mulut dan lain sebagainya. Tergantung dari kreatifitas Anda masing masing.
  • Jika balon/ badan sudah kering, tinggal dihiasi sesuai bentuk karakter yang diinginkan, seperti misalnya doraemon, angry bird, elmo, marsupilami, hello kitty, dan lain sebagainya.
  • Sediakan pula stand lampu, bolam minimal 5 watt, dilengkapi dengan kabel serta colokan ke listrik yang memudahkan konsumen untuk menyalakan lampu secara instan.
  • Lalu buatlah lubang dan masukkan lampu, serta stand lampu sebagai penopang agar lampu tidur tersebut bisa berdiri dengan baik dan hasilnya bisa memuaskan.
nightmare mini

nightmare mini

Mudah bukan? Semoga bisa membantu Agan dan Sista yang tertarik menekuni bisnis lampu tidur karakter berbahan dasar benang. Terbuka peluang bagi Agan dan Sista yang tertarik menjadi agen/ reseller lampu tidur karakter berbahan dasar benang.

Hubungi kami untuk mendapatkan katalog lengkapnya :

Email         : dbolamplamputidur@yahoo.com

Telp/SMS  : 0899-4545-464

PIN BB       : 314C0D0E

86 thoughts on “Cara Membuat Lampu Tidur Karakter

  1. mw tny,knp y lampion yg 2x aku bwt selalu gagal.balon pertm kempes sendiri saat proses penjemuran,pdhl gak kena scr langsung dr matahari,trs balon yg ke-2 aku kempeskan balonnya pakai jarum saat mw dikeluarkan,tp knp ya malahan benang2nya sampai ikut menciut jg? tlong donk mnt sarannya

    • ThxQ buat responnya sist, biasanya balon kempes karena blm kencang talinya atau ada yg bocor sist. sdgkan kgagalan yg kedua karena lemnya kurang banyak sist, jdi hasilnya bola lampu ikut lembek. Untuk hasil mksimal, sebaiknya gunakan balon yang tebel dan jangan ditiup terlalu besar. utk balon standar coba diameter 15 cm. lilit benang hingga benar2 merata ke semua permukaan balon, kemudian olesi dengan lem menggunakan kuas. ulangi dua sampai 3x utk mndpatkan hasil bola lampu yg keras. Selamat mencoba lg sista, smg kali ini berhasil ^^

    • Untuk menghubungkan lampion dengan lampu bisa menggunakan dudukan lampu (viting lampu) yang disambung dengan kabel saklar. Bila Sist Eka kesulitan merangkainya, sebaiknya bisa membeli rangkaian dudukan lampu (viting)+kabel saklar di toko-toko listrik. Biasanya toko-toko listrik menyediakan beragam jenis viting dan jasa gratis nyambungin ke kabel saklar.^^

    • Thxq gan responnya, pada dasarnya benang jahit dibuat menyerupai kerangka lampion. Jadi sewaktu lampu disampung ke fitting dan kabel listrik, otomatis lampu bisa menyala sesuai dengan warna kerangka yang dibuat gan. Selamat mencoba!😀

    • Thxq gan buat responnya, bagian bawah lampion dilubang seukuran fitting lampu. Agar lebih rapi, sobekan lampion dilipat ke bagian dalam membentuk perdegi dan dilem dgn bagian dalam lampion (tanpa dilem ke fitting). Jadi, semisal lampunya putus, kerangka bisa dicopot dan dipasang lampu yg baru gan. Selamat mencoba😀

    • Kerangka bola (yg terbuat dari benang) tidak dilem dg stand/ dudukan lampu gan. Untuk memasukan dudukan lampu, bola hanya dilubangi sesuai dg ukuran stand lampu dan yg dilem adalah sobekan bola benang dg bagian dalam kerangka bola. Jadi bola benang dan dudukan tidak dilem gan! Kalo lampunya udah mati, sewaktu-waktu bisa diganti lagi gan.😀

  2. gan, penampakan dudukan lampunya gimana ya? ane beli dudukannya yang untuk lampu tempel yang dilangit-langit.

    otomatis, lampu warna warninya gak bisa dipake dan ane pasang lampu philips sitrang yang 3 watt

    • Utk dudukan lampu kami pake yg bentuk kotak gan seperti di gambar katalog lampu tidur D’bolamp. Kalo pke yg dudukan lampu tempel di langit-langit kurang seimbang jdi gak bsa duduk gan! untuk lampu sebaiknya pake yg bohlam kuning biasa yg 5 watt (bisa merek Osram atau Dop). Selamat mencoba!😀

    • Utk lem kayu dicampur dg air terlebih dahulu sist, kira-kira perbandingan 1:2 (1 utk air dan 2 utk lem kayu). Yang pnting jangan terlalu encer dan pastikan larutan sudah tercampur rata (tidak ada lem kayu yang menggumpal). Selamat mencoba!😀

    • Thxq gan buat responnya, utk mecahin balon gak ada teknik khusus sist. cm cari bagian bawah balon yg sudah ditandai trus bisa ditusuk pke jarum, baru kmudian bagian bawah di buat lubang untuk tempat lampu. Untuk benang bagusnya benang jahit sist, lem yang bagus pake lem kayu. Selamat mencoba!😀

  3. kalo pake bola mainan yg bisa ditiup itu bisa ya? saya coba pake balon,,balonnya kempes duluan..akhirnya tidak bulat sempurna…apakah sebaiknya setelah balon dililiti benang,,langsung cepat dijemur ya?soalnya kemarin bikinnya pas malem…eh besok paginya…balon kempes,,dan belum kering..akhirnya penyok2…

    • Thxq buat responnya, pke balon juga bisa sist. Nanti bagian yg untuk niup diposisikan di bagian bawah n’ dikasih tanda biar gk ktutup benang sist. Kalo untuk masalah balon kempes bisa jadi karna pengikatan balon kurang kenceng, atau bisa jadi balon bocor karna lilitan benang. Kalo untuk masalah pembuatan di malam hari sebenarnya tidak mempengaruhi kempesnya balon. Semoga bisa membantu.😀

  4. numpang tanya gan,, kemaren sya coba bikin waktu pas di kempesin balon nya semua nya ikut mengkerut gan. apakah harus yang tebal saat pengeleman nya?

    • Thxq buat responnya gan. Biasanya kasus seperti itu terjadi karna benang yang dililitkan kurang tebel gan, ulangi lilitan minimal 2x. Pertama dililit benang hingga smua permukaan tertutup, kemudian diratakan dengan lem dan diulangi lagi lilitan benang hingga tebal dan dilem lagi. Selamat mencoba!😀

  5. numpang tanya gan
    sya coba bikin tapi tiap balon nya di kempesin benangnya jg ikut mengkerut.
    apakah saat memberi lem pada balon harus tebal?
    tolong tips nya,,
    trima kasih

  6. selamat malam,
    mau tanya, bagaimana cara membuat dudukan lampu tidur, dan apa saja bahan-bahannya utk membuat dudukan lampu tersebut ?.

    • Maaf gan baru bisa ksih respon, untuk pembuatan dudukan lampu tidur agan bisa pake vitting lampu (duduk) yang sudah dirangkai dengan kabel gan. Biasanya rangkaian seperti ini sudah tersedia di toko listrik. Semoga bisa membantu.😀

      • mau tnya lg donk gan😀
        pas lemnya udh kering trs balonnya dikeempesin, tp knpa benangnya gk bulat sempurna, benangnya malah jd kusut grgr ketarik balonnya pas dikempesin, itu knpa ya gan? dan bagaimana biar benang itu jadi bulat sempurna?
        tolong pencerahannya ya gan😀
        terima kasih🙂

  7. gan kalo mau membuat lampion tidur…
    benangnya kita kasih lem dulu atau balonnya yang kita kasih lem terlebih dahulu??
    makasih responnya

  8. Gan, nanya dong
    menanggapi respon yang agan berikan sebelumnya, untuk masalah lem itu yang dimaksud dengan ngelem di balonnya atau dibenangnya itu bgmn ya? Saya masih bingun gan hehe
    Dan lagi, untuk masalah pelapisan benang itu dilakukan saat lem sudah kering baru dilapisi lagi atau dapat dilakukan secara langsung ya? Mohon informasinya
    Terima kasih

  9. Gan ane mau nanya ane masih bingung nih agar lampion itu ga lepas dengan mudah dari dudukannya itu gimana, soalnya bahaya kan kalo di mainin sama anak?, terimakasih senelumnya gan

  10. Mengapa waktu balon sudah dililitkan dengan benang besoknya langsung menyusup balon trsbt ?
    Terus cara bolongin untuk ngambil balon dari dalam kerangkanya seperti apa ?
    #ButuhPenjelasan

    • Permasalahan tersebut dimungkinkan terjadi bila ikatan balon belum terlalu kuat. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, ada baiknya bila Sist Nana mengikat balon dengan lebih kuat dan diletusin balonnya ketika sudah kering cetakannya. Untuk bagian yang dibolong kami sarankan ditempat yang diikat. Bersihkan sisa balon yang masih menempel pada kerangka lampu, selamat mencoba ^^

  11. Maaf mau tanya,saya abis buat lampion tp kenapa ya waktu kering malah benangnya itu gak bulat sempurna,kyk penyok2 gitu padahal lilitan benangnya udah tebal. Dan balonnya saat diambil itu pada lengket di benangnya sulit diambil.mohon penjelasannya. Makasih

    • Biasanya bola peyok karena kurang tebel dan kurang lem sist, coba diulang lagi buat sampai rata semua benangnya dan dikasih lem 2 lapis sist. jadi benang dililitkan sampai merata,kemudian dioles lem dan dililit benang lagi sampai tebal baru dioles lem lagi. Selamat mencoba ^^

  12. Gan mw tnyak gmna siihhh cara nempelin flanell karakter ke balonnya.?
    Knpa siihh punyak saya gk bsa….
    sy buat karajter doraemon bulat gtu kan kok doraemon…#mohon penjelasannya…terima kasih….

  13. Mau tanya untuk membuat telinga itu bagusnya didouble kainnya apa dikasihh karton,, kalau karakternya ituu buatnya pakai photoshop atau coreldraw.. Tq sebelumnya🙂

    • ThxQ buat responnya gan, untuk telinga bagusnya di dobel kainnya gan. Tapi tergantung karakternya juga gan, sebab ada beberapa karakter yang memang telinganya tidak perlu kaku shg 1 lapis saja cukup. Utk desain gambar sya biasa pke coreldraw gan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s